Cari Blog Ini

Jumat, 06 Januari 2012

Legenda Kopi | Sejarah Kopi






       Saya adalah salah seorang yang suka dengan minuman yang satu ini. Biasanya minuman ini selalu menemaniku di saat mengerjakan tugas sekolah yang biasanya seabrek dan saya musti begadang untuk menyelesaikannya. Makannya saya butuh sesuatu yang musti bisa menghilangkan rasa kantuk itu supaya tugas cepet kelar. Nah dari itulah saya berinisiatif untuk mencari artikel tentang awal mula atau sejarah dari terciptanya coffee atau minuman favorite saya ini. So, let's go read it!!


       Kata kopi berasal dari bahasa Arab, qahwah, yang berarti kekuatan. Selanjutnya kata kopi yang kita kenal saat ini berasal dari bahasa Turki yaitu kahveh yang kemudian menjadi koffie dalam bahasa Belanda atau coffee dalam bahasa Inggris. Dan kata inilah yang diserap kedalam bahasa Indonesia menjadi Kopi.


Semula kopi digunakan sebagai makanan, dimana seluruh biji kopi dihancurkan dan ditambah minyak sedikit lalu dari adonan ini dibuat berbentuk bundar sebagai makanan. Sampai saat ini beberapa suku di Afrika masih memakan kopi dalam bentuk seperti itu.


Bahkan kemudian kopi juga diigunakan sebagai pengganti minuman anggur dan berkembang lagi manfaatnya sebagai obat untuk migrain, sakit kepala, gangguan jantung, asma kronis dan gangguan buang air.


Namun tetap saja bila mengkonsumsi kopi dalam jumlah berlebih dapat berakibat buruk seperti meningkatkan asam lambung, menyebabkan ketegangan bahkan mempercepat detak jantung.


Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun lalu (1000 SM). Berkembang hingga kini sebagai salah satu minuman paling populer di dunia dan dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Indonesia sendiri mampu memproduksi kopi lebih dari 400.000 ton per tahun.


Darimana dan siapa penemu minuman dari biji Kopi memang tidak diketahui. Namun, minum kopi telah dikenal di Timur Tengah sejak lama. Rhazes, seorang dokter berkebangsaan Arab, (hidup sekitar 900 SM) menyebutkan kopi di salah satu tulisan-tulisannya.

       Cerita yang lain penggunaan biji kopi ini berasal dari para penggembala kambing di Arab.
Kaldi 
Legenda menceritakan kisah Kaldi penggembala kambing yang hidup di Ethiopia sekitar 300 AD. Ia melihat bahwa setelah kambing-kambingnya memakan buah merah dari suatu pohon, ternyata kedua kambing itu gelisah dan bergerak terus sampai larut malam. Dia mencoba buah merah sendiri dan ia mengalami efek yang sama. Dia menyebutkan hal ini kepada para biarawan didekat situ, yang sejak saat itu mengambil kopi untuk tetap terjaga selama pertemuan doa malam. Legenda juga mencatat bahwa para biarawan ini menemukan secara tidak sengaja bahwa biji buah ini dapat dipanggang dan minuman yang dipersiapkan dari biji kopi panggang tidak hanya menghasilkan efek yang sama, namun juga terasa jauh lebih baik.

Kopi biji dan minuman yang dibuat oleh mereka sejak saat itu dianggap sebagai stimulan mewah.


Di samping kenikmatan rasa, ditambah aroma yang menarik, kopi juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler).

Taken from:
http://kedaikopiluwakindonesia.com/artikel-kopi/legenda-kopi-sejarah-kopi/
http://www.gatra.com/terpopuler/46-ekonomi/6053-amway-luncurkan-java-blend-coffee

1 komentar:

  1. ha ha..sama,

    aku ngefand banget nih ama minuman yang satu ini,
    salam kenal yah..

    BalasHapus